Minggu, 05 April 2015

Cara Membuat Biodata dengan C++


Pada minggu ini saya akan memberikan sebuah laporan akhir mengenai program C++, pertama-tama kita harus tau apa itu Bahasa pemograman C++. Bahasa pemograman C++ adalah suatu bahasa pemograman yang ditemukan oleh evano christian posumah yang mengembangkannya dari bahasa C, bahasa C++ merupakan bahasa tingkat tinggi.
Dan pada minggu ini saya akan memberikan penjelasan bagaimana cara membuat suatu Biodata (Nama, NPM, Kelas, Jurusan, Fakultas, dan Umur) dengan menggunakan C++, langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :
Pastikan di komputer anda telah terinstal aplikasi C++ seperti ini :                                                    


Setelah itu masuk ke dalam programnya dan akan menamilkan layar biru seperti ini :


Nah jika telah seperti ini, maka langkah selanjutnya adalah memasukan koding yang di inginkan, maka kita coba memasuakan kodingan dari biodata itu tersebut, kodingannya seperti ini:




















Logika nya adalah :
-          #include <iostream.h>
#include <conio.h>
Adalah standar header program sekaligus library program C++ dimana iostream.h berfungsi memanggil fungsi cin, cout dan endl. Sedangkan untuk conio.h berfungsi memanggil fungsi clrscr dan getch.

-          Void main () {
Berfungsi sebagai procedure utama pada program C++ yang tidak memiliki nilai balik (return), dan { merupakan symbol awal sebuah blok program pada C++.

-          Char nama[10, npm[10], kelas[30], jurusan[30], fakultas[40];
Merupakan pendeklarasian variabel dimana variabel nama dengan range input 20 memiliki tipe data 20.
-          Cin.getline (nama.30);
Getline berfungsi untuk membaca spasi yang terdapat pada nama di Cin.

-          cout<<”Nama = “;
cout<<”NPM = “;
cout<<”Kelas = “;
cout<<”Jurusan :”;
cout<<”Fakultas :”;
-          cin>>npm;
-          cin>>kelas;
-          cin>>jurusan;
-          cin>>Fakultas;
Cout memiliki fungsi untuk menampilkan apa yang tertera di dalam tanda “ (kutip) yaitu Nama =. Sedangkan cin merupakan fungsi untuk menampung hasil yang user inputkan pada saat program dijalankan. (nama, npm, kelas dst = variabel).
-          Getch (); {
Berfungsi sebagai perintah untuk membaca seluruh kodingan diatas dan menampilkan program tanpa menekan enter. Dan } merupakan simbol yang menandakan akhir dari sebuah blok program.

Jika kodingan telah dipastikan selesai, maka langkah selanjutnya adalah kita run apakah masih ada yang eror atau belum , jika sudah tidak yang eror maka akan muncul output seperti yang di inginkan, dimana biodata yang kita mau adalah sebagai berikut :


























Nah kurang lebih seperti itu cara bagaiaman membuat biodata yang memasukan Nama, Npm , Kelas, Jurusan, Fakultas, dan Usia. semoga dapat membantu kalian yang kesulitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar