A.
Latar Belakang Masalah.
Perkembangan kemajuan teknologi komunikasi dewasa ini
berlangsung demikian pesatnya sehingga para ahli menyebut gejala ini sebagai
suatu revolusi. Sekalipun kemajuan tersebut masih dalam tahap perkembangan,
sejak sekarang sudah dapat diperkirakan terjadinya berbagai perubahan di bidang
komunikasi maupun pada bidang – bidang kehidupan lain yang berhubungan, sebagai
implikasi dari perkembangan keadaan yang dimaksud.
Perubahan – perubahan yang kelak terjadi,
terutama disebabkan oleh berbagai kemampuan dan potensi teknologi komunikasi
tersebut, yang memungkinkan manusia untuk saling berhubungan dan memenuhi
kebutuhan komunikasi mereka secara hampir tanpa batas. Beberapa keterbatasan
yang dulu dialami manusia dalam berhubungan satu sama lainnya, seperti faktor
jarak, waktu, jumlah, kapasitas, kecepatan, dan lain – lainnya, kini dapat
diatasi dengan dikembangkannya berbagai sarana komunikasi mutakhir.
Perkembangan teknologi berupa kecerdasan buatan (artificial intelligence) juga
telah mengembangkan sistem ahli, sistem penginderaan robot, sistem dignosis
dokter, dan sistem perancangan dengan bantuan komputer (computer aided
design).
Implikasi kemajuan teknologi komunikasi bagi
lapangan ekonomi telah terlihat dengan berkembangnya bidang usaha di bidang
teknologi informasi. Kemampuan – kemampuan yang ditawarkan teknologi komunikasi
telah pula menghasilkan berbagai kemudahan dan kenyamanan bagi kelangsungan
transaksi bisnis, yang dengan sendirinya mempunyai fungsi vital dalam gerak
perekonomian dari hari ke hari. Dapat kita lihat banyak sekali
kegiatan yang dapat dilakukan melalui internet dan menjadikan internet sebagai
marketing tools yang layak untuk digunakan dengan maksimal. Salah satu jenis
pemasaran melalui internet yang mulai berkembang adalah Bisnis Online.
B.
Rumusan
Masalah.
1. Apakah
yang di maksud dengan Bisnis Online ?
2. Bagaimana
Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online ?
C.
Tujuan
Penelitian.
Adapun Tujuan penelitian adalah sebagai berikut :
1.
Untuk mengetahui cara memulai Bisnis Online.
2. Untuk
mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Bisnis Online.
3. Untuk
mengetahui factor penyebab kesalahan yang sering terjadi dalam Bsnis Online.
D.
Manfaat
Penelitian.
1. Kita
tidak membutuhkan banyak modal dalam memulai usaha ini, Untuk menjalankan
bisnis online modal tidak menjadi faktor yang paling utama karena ada banyak
peluang yang dapat kita jalankan dengan suatu modal kecil saja atau mungkin
kita bisa memulainya tanpa sedikit modal, tapi modal yang utama adalah sebuah
fasilitas komputer lengkap dnegan internetnya
2. Dapat
menjangkau pasar yang lebih luas jika dibanding dengan bisnis offline,
keuntungan yang kedua dari bisnis online adalah adanya jangkauan pasar yang
luas.
3. Biaya
operasional ang lebih murah jika dibandingkan dnegan bisnis offline.
4. Memberikan
keuntungan baik dari materi yang bertambata atau juga non materi yang
bertambah. Keuntungan materi yang dapat diperoleh dari bisnis online tidak
kalah besar dengan bisnis offline sebab biaya operasional bisnis online
sangatlah rendah.
5. Waktu
kerja untuk bisnis online yang tidak terbatas bahkan dapat non stpo 24jam
karena dalam melakukan suatu bisnis online yang bekerja adalah suatu sistem
komputer hingga kita hanya sebagai pemilik usaha yang memberikan follow up
untuk perminyaan yang sidah diterima oleh sistem komputer.
E.
Kajian
Teori.
Pengertian bisnis dan
jenis bisnis
Bisnis adalah suatu organisasi yang
menghasilkan dan menjual product atau jasayang dibutuhkan konsumen pada tingkat
keuntungan tertentu.
Ada 3 hal yang penting dalam bisnis:
•Semua bisnis menghasilkan barang atau jasa.
•Semua bisnis mencari keuntungan.
•Semua bisnis mencoba meneruskan keinginan konsumen .
kita wajib belajar bisnis dikarenakan hal-hal berikut:
•The impact of Business (pengaruh kuat bisnis dalam kehidupan
sehari-hari)
•Career choise (pilihan karir atau propesi).
•Business ownor ship (keinginan untuk memiliki dan untuk
menjelaskankepada konsumen tentang produk yang dihasilkan).
Jenis-jenis bisnis :
-. bisnis rumahan
-. bisnis online
-. dan bisnis-bisnis besar lainnya
Tujuan bisnis:
•Profit (keuntungan)
seseorang atau organisasi melakukan bisnis tujuan utamanya
adalah mencari keuntungan
•Growth (pertumbuhan)
selain mencari keuntungan, bisnis juga dilakukan bertujuan
untuk menambah pertumbuhan ekonomi.
•Continuity (berkesinambungan)
kegiatan bisnis adalah kegiatan yang berkesinambungan,
maksudnya melakukan kegiatan bisnis bertujuan
untuk menyambung bisnis yang sebelumnya.
•Stability (stabilitas)
kegiatan bisnis juga bertujuan
untuk menstabilkan ekonomi.
•Public Service (pelayanan umum)
bisnis yang bertujuan untuk
melayani kebutuhan masyarakat. contohnya BUMN.
•Will Fare (sejahtera)
bisnis ini bertujuan untuk mensejahterakan sesuatu yang perlu di sejahterakan.
Pengertian bisnis online
Bisnis Online adalah bisnis yang dijalankan secara online
biasanya menggunakan jaringan internet sedangkan informasi yang akan
disampaikan atau dijual biasanya menggunakan media website. Bisnis online
memiliki prospek yang cukup besar pada saat ini dan dimasa mendatang dimana hampir
semua orang menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam hal memenuhi
kebutuhan, praktis adalah salah satu ciri khas dari bisnis online dimana
transaksi suatu bisnis dapat dilakukan tanpa betatap muka atau bahkan tidak
saling kenal sebelumnya. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh bisnis
online, banyak orang menginginkan dapat membangun suatu kerajaan bisnis online
sendiri. Tidak dipungkiri banyak yang meraih kesuksesan dalam menjalankan
bisnis online, tetapi juga tidak sedikit yang berhenti ditengah jalan
sebelum mendapatkan sesuatu yang diharapkan,
Menurut para ahli dan orang-orang yang telah sukses dibinis
online mengemukakan bahwa :
“ menjalankan bisnis online itu tidak jauh berbeda dengan
berbisnis atau berjualan secara offline, yang membedakannya hanyalah media-nya
saja dan bagai mana kita mengelola binis kita”.
F.
Metode
Penelitian.
Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian Kualitatif.
Penelitian ini mengkaji faktor Swot bisnis online terhadap pengusaha yang memilih memasarkan
produk/jasa secara online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
penelitian bersifat deskriptif, yakni penelitian yang memusatkan perhatian
kepada masalah-masalah actual,
sebagaimana adanya pada masa
sekarang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar