Kamis, 30 Oktober 2014

Cara Menjalankan Program Cobol

 Pengertian Cobol :
COBOL adalah Singkatan dari Common Business Oriented Language yang berarti suatu bahasa tingkat tinggi yang berorientasi langsung pada masalah bisnis. Cobol juga dapat digunakan untuk pengolahan Database, Aplikasi perbankan, dan Acounting.

Cara menjalankan program COBOL
  •   Copy instalasi cobol kedalam folder yang kita inginkan
  • Masuk kedalam Run ketikan CMD
  • Masuk ke dalam Direktori D:\> apabila folder cobol yang di inginkan berada di folder D.
  • Ketikan Edit Coba.cob
  • Masukan Inputan pada layar biru, kemudian Save dan Exit.
  • Ketikan nama file cobol coba.cob Jika inputan benar maka tertulis No Eror dengan beberapa penjelasan dan Enter sebanyak tiga kali untuk melihat hasil Outputnya.

Logika :
ü  Identification Division adalah divisi pertama yang paling sederhana dan digunakan untuk memberi nama program, nama pembuat, instalasi, tanggal pembuatan.
ü  Environment Division adalah divisi kedua yang digunakan informasi peralatan yang digunakan dalam program salah satunya input dan output division.
ü  Data Division adalah divisi ketiga yang digunakan untuk memberi penjelasan tentang input data dan ouput data yang dipergunakan atau berisi semua keterangan tentang file, record, nama data serta bentuk.
ü  Working Storage Section digunakan untuk proses penyimpanan sementara data yang nanti akan ditampilkan, proses program berungsi untuk mendeklarasikan variabel dan tipe data pada cobol.
ü  Screen Section digunakan untuk menunjukkan bentuk format dari layar terminal untuk menampilkan data atau memasukkan data yang diberikan.

ü  Procedure Division adalah divisi keempat yang digunakan untuk penulisan dari tiap-tiap baris perintah yang nantinya akan diproses sesuai dengan perintah yang dituliskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar