Minggu, 19 Oktober 2014

Arti dan Struktur pada Program Cobol



               Pada praktikum tanggal 19 October 2014 di Minggu pertama ini, saya di ajarkan oleh kaka senior tentang program dasar Cobol, dimulai dari arti Cobol itu sendiri yang mempunyai singkatan Common Business Oriented Language berarti suatu bahasa tingkat tinggi yang beroroentasi langsung pada masalah bisnis. Dari namanya dapat ketahui bahwa cobol adalalah bahasa pemrograman yang digunkana dalam dunia bisnis. Cobol juga dapat digunakan untuk pengolahan database, aplikasi perbakan dan accounting.
Kelebihan cobol:
- Program cobol sesuai untuk pengolahan data yang banyak digunakana pada permasalahan bisnis.
- Program cobol bersifat standard, sehingga dapat digunakan pada komputer-komputer berbeda tanpa banyak perbedaan.
- Struktur programnya jelas, sehingga lebih mudah dimengerti oleh orang yang memiliki pengetahuan tetang pengolahan data sedikit seperti, akuntan, auditor dan manajer-manajer lainnya.
·        Pada program Cobol terdapat 4 Struktur, yaitu :
Ø  Identification Division.
Ø  Environment Division.
Ø  Data Division.
Ø  Procedure Division.
1.      Identification Division
Dari nama divisi-nya kita dapat menyimpulkan kegunaan dari divisi ini yaitu sebagai identifikasi program COBOL yang kita buat misalnya nama pembuat (AUTHOR) dan nama program (PROGRAM-ID). Contoh : IDENTIFICATION DIVISION. PROGRAM-ID. CONTOH. AUTHOR. SAYA
2.      Environment Division
Divisi ini berguna untuk memberikan informasi peralatan yang digunakan dalam program, dibagi menjadi 2 section yaitu CONFIGURATION SECTION dan INPUT-OUTPUT SECTION. CONFIGURATION SECTION bersifat optional (boleh tidak ditulis) yang berisi tentang peralatan hardware yang digunakan program. INPUT-OUTPUT SECTION, section ini digunakan untuk operasi file (akan dijelaskan kemudian). Contoh : ENVIRONMENT DIVISION. CONFIGURATION SECTION. SOURCE-COMPUTER. IBM-PC. OBJECT-COMPUTER. IBM-PC.
3.      Data Division
Divisi ini berguna untuk mendeskripsikan variable-variabel dan jenis tipe data yang digunakan dalam program COBOL. Divisi ini memiliki 5 section yaitu:
1. FILE SECTION.
2. WORKING-STORAGE SECTION.
3. SCREEN SECTION.
4. LINKAGE SECTION.
5. REPORT SECTION.
Diantara 5 section yang disebutkan diatas yang paling sering digunakan adalah WORKING-STORAGE SECTION, SCREEN SECTION dan FILE SECTION.
WORKING-STORAGE SECTION digunakan untuk mendeklarasikan variable dan tipe data yang digunakan dalam program COBOL. SCREEN SECTION digunakan untuk menentukan format layar tampilan baik input atau output. Dan FILE SECTION berguna untuk operasi file (akan dijelaskan kemudian).
4.      Procedure Division
Divisi ini merupakan inti dari bahasa pemrograman COBOL karena pada divisi inilah semua statement instruksi dibuat. Misalnya DISPLAY, ACCEPT dan STOP RUN. DISPLAY di gunakan untuk output, ACCEPT untuk menerima input dan STOP RUN untuk menghentikan proses program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar