Kamis, 12 Maret 2015

Ruang Lingkup ilmu Ekonomi

Ruang Lingkup ilmu Ekonomi

Pengertian ilmu ekonomi :
Kata “ekonomi” sendiri berasal dari kata Yunani (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan (nomos), atau “peraturan, aturan, hukum,” dan secara garis besar diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.” Adapun pengertian ilmu ekonimo itu sendiri adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang manajemen rumah tangga tersebut.
Macam – macam kebutuhan :
               Manusia dari sejak lahir sampai dengan meninggal dunia tidak luput dari kebutuhan-kebutuhan akan segala sesuatunya dari mulai kebutuhan yang utama sampai dengan yang biasa saja. Dan untuk mendapatkan kebutuhan yang diinginkan, sangat memerlukan usaha dan sebuah pengerbonan. Hal ini di karenakan manusia dalam menjalani aktifitas kehidupan membutuhkan berbagai jenis dan macam barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan.
Adapun macam-macam kebutuhan manusia dari mulai kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, hingga kebutuhan yang mewah atau tersier :
·        Kebutuhan Primer :
Adalah kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan oleh manusia karena merupakan suatu kebutuhan pokok dan utama yang mempunyai sifat waib.
Contoh : Sembako, bahan makanan pokok, rumah tempat tinggal, pakaian, dsb.
·        Kebutuhan Sekunder :
Adalah suatu kebutuhan yang diperlukan setelah kebutuhan primer telah terpenuhi atau telah di dapat oleh manusia. Kebutuhan sekunder bersifat sebagai penunjang kebutuhan primer.
Contoh : Makanan yang bergizi, pendidikan yang baik, pakaian yang baik, perumahan yang baik, dan sebagainya yang belum memasuki dalam kategori mewah.
·        Kebutuhan Tersier/ mewah :
Adalah kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana, dan berlebihan, hal ini dikarenakan terpenuhinya kebutuhan primer dan sekunder.
Contoh : Fasilitas mobil, motor, computer/ laptop, TV 50 inchi, jalan-jalan ke luar negeri, apartment, dan masih banyak yang lainnya.

Masalah pokok Ekonomi.

               Manusia sering sekali mendapatkan beberapa masalah dalam memenuhi kebutuhannya. Hal ini dikarenakan banyaknya manusia yang kurang puas akan kebutuhannya dan manusia mempunyai kebutuhan yang tidak terbatas, dan pada akhirnya manusia mendapatkan masalah poko ekonomi dimana masalah ini terbagi kedalam 2 macam, yaitu masalah produsen dan masalah konsumen.

1.      Masalah ekonomi bagi produsen di antaranya sebagai berikut :

A.     Barang jenis apa yang harus di produksi.
B.     Bagaimana barang tersebut di produksi.
C.     Untuk siapa barang tersebut di produksi.
2.      Adapun masalah ekonomi bagi produsen di antaranya adalah :
Masalah pokoknya di karenakan alat yang memenuhi kebutuhan dengan bersifat pemuas sangat terbatas, sedangkan yang kita ketahui kebutuhan manusia tidak terbatas.
Pokok masalah ekonomi.
Poko yang menjadi pemicu suatu masalah ekonomi ada tiga, yaitu : produksi, konsumsi, dan distribusi.
1.      Produksi, menyangkut masalah usaha atau kegiatan mencipta atau menambah kegunaan suatu benda.
2.      Konsumsi, menyangkut kegiatan menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu benda.
3.      Distribusi, menyangkut kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar